Jumat, 09 Maret 2012

Berbagi Cerita

bag31-07-2011

Perjalanan dengan orang2 hebat

Pagi itu q udah ada planning ketemu sama teman2 bwt rapat buber sesat (kelasq dulu waktu SMA kelas sepuluh) disana ada cwe.q n jam 1 siangnya ketemu ma sahabatq. Subuh tepat, q bngun dengan keadaan senang gembira. Sampai pukul 7.30 q udah nerves, coz mau ketemu cwe.q. Eh akhirnya jam 8 tepat q mandi n siap2 berangkat. Masjid pondok q tanggal sebentar ketika sedang bersih2. Q berniat dalam jadwalku hari itu bahwa setelah rapat q mau beli bahan2 bwt kapentingan msjid.

Kami pada berkumpul didepan sekolah sebelum berangkat menuju tempat untuk buber nantinya. 2 jam berlalu kesepakatan sudah mencapai titik temu, akhirnya sudah booked tmpat juga di Mulyo rejo daerah pulo Jombang. Sepulang booked tempat q kembali ke tempat kita kumpul, di depan sekolah. Setelah semua pulang, q meminta cweq tak pulang dulu, q ingin bencengkrama dengannya. Sharing, guyon2, tuker pendapat dll. Akhirnya sudah hampir 3 jam lebih q bersamanya. Dia akan les makanya q juga kasihan n mengijinkan buat pulang atau kemana gitu, lega bisa ketemu sama kekasihku…..

Pulang dari ketemu q udah ada jnji, cz tak bwa hape, q kepondok pinjam hp bwt mz sahabatq, cz dy dah janji.an ma q bwt ketemu n jalan ke gus dur/ ziaroh, rencana dadakan yg tak inginkan tiba saat itu, dy ingin ngajak adeknya n temenku, di satu sisi ada hikmahnya ternyata temenku gak mau n akhirnya adekx sahabatku juga gak jadi ikut. Akhirnya q n dy ketemu n bercanda sebentar, kemudian qt masuk ke sebuah len. Eh ternyata tanpa diduga q ketemu sama adek kelasq. Q sungkan sekali, akhirnya q putuskan tak duduk bersebelahan n qt tanya2 ma adek kelasq td.

Tepat di depan PONPES TEBUIRENG q minta supir menrunkan q n sahabatku. Udah q bayar n q ngajak dy masuk langsung ke maqom para syuhada’ itu, setelah sampai qt mencari tempat buat mendoakan para syuhada’ tersebut.

15 menit.an kurang, qt selesai tahlil n doa masing2. Setelah beranjak dari maqom untuk keluar, q ingin lebih lama dengannya, akhirnya q putuskan ke warung, 1 jam makan dan ngobrol. Eh q n sahabatku tiba2 di usir dari warung karena mau tutup. Gatau awalnya jadi gne…. Huft…. Malu campur marah, ya sudahlah mungkin itu takdirq sama dy, n akhirnya q n dy cari len. Setelah masuk q putuskan 2k nglanjutn crita2 ma dy.

Karena len tidak berhenti di depan pondok. Akhirnya qt jalan, setelah 2 menit berjalan ada salah satu demonstran, q n dy memutuskan lihat sejenak. Di salah satu jalan q bertemu dgn mantan cwe.q q dpanggil dy, langkahku dan langkah sahabatku tiba2 berhenti sejenak. Rencana q n teman2 MI bwt rapat tak jadi Ahad namun hari ini n jam ini juga ya…. Akhirnya q izin ma sahabatku buat plg dlu’an.

Cii……t. sampai di salah satu tempat qt, teman2 MI kumpul, q bncengan sama mantanku tadi… lama skali qt bercanda n sharing n tak lupa rapat. Keputusan telah diambil akhirnya qt pulang. Kesalah fahaman timbul antara qt, ktika q dibonceng temen cwo.q. si mantanku itu panggil aku, ya…. Q tak jadi ikut temen cwo.q n turun menghampiri mantanku n boncengan, temanku yg lain yang gak ngerti daerah sini kebingungan di tengah jalan, q panik, n merasa ikut bersalah q minta teman2 telpon temanku yg awalnya boncengan ma dy trus gk jadi. Cukup lama q ma mantanku tadi bertemu sambil boncengann banyak cerita. 5 menit kemudian qt semua sampai di depan pondok-ku n ketemu dengan temanku yang miss communication tadi di cerita atas tadi tuh, n semua pada pulang tak lupa mantanku tadi mengucapkan salam. Sebelumnya q ucapkan makasih karena q diminta ibu setiap selesai ketemu dengan siapa saja ucapkan makasih n maaf.

Q melihat 2 anak putrid pondok sedang di luar, q cuek aja lihat mereka, eh gak tau nya mereka malah panggil q. ternyata itu adek kelasku, minta tolong titip sesuatu ke temennya, q masuk pondok dengan wajah kumus2 n bahagia… lega… Alhamdulillah, hari ini motivasiku buat hari2 selanjutnya, bahwa ALLAH SWT Maha Adil ketika qt berjuang, beribadah, berdoa, optimis, percaya akan semua keajaiban n takdir di luar dugaan.

THANK YOU ALLAH SWT… Engkau memang Maha Tahu akan hamba-Mu.

This is my Goog Experience…….. Alhamdulillah fii hadzal yaumii….


08-03-2012

Hari ini terulang dengan kebahagiaan

Yaa….. tanpa dugaan kembali. Ini bermula dengan kemaren. Hari itu q ma temen2 prustasi, gimana gak prustasi, hari2 ujian praktek di buat susah terus. Pertama, qt pas telat setengah jam ikut praktek TIK eh gurunya marah2 n ngasih tugas lebih sulit dari ujian praktek, aslinya pulang jam 8, jadi molor karena tugas yang amat sulit bagi kalangan pelajar SMA n pemula program yang diajarkan (Corel Draw). Kedua, fisika hari pertama ujian praktek awalnya sebenarnya fisika eh lha koq malah semua sekelas nih pada remidi. Ya kami pulang luaammmaa banget deh, ya diterima aja, eh habis praktek ada tambahan 1 jam, kita terima lagi. Ketiga, ujian kimia neh yang paling ditakuti, dari hampir 6x percobaan yang diujiakan semua pada bingung percobaannya, akhirnya setelah ujian praktek, beneran deh pada bingung n remidi sekelas, ada yang remidi praktek ada yang laporan dan ada juga yang ngulang dari awal. Remidinya masih besok, oke kita pulang hari itu, eh besoknya kita harus antri sama kelas yang belum praktek, akhirnya kita menunggu dari jam setengah tujuh sampek jam 12 baru praktek remidi tadi. Semua cobaan kami terima ya.. gak apalah… udah kelas tiga turuti aja insyaALLAH langsung lulus, sabar n tekun aja denger ceramah.

Hari berganti kami berganti, langsung pada hari senin.nya berikut dari hari ujian praktek tadi kami langsung siap2, kami kena TryOut Diknas Tahap II. Senin tiba… satu demi satu soal kami hadapi, pada akhirnya kami stress karena soal2nya semakin bingung n sulit, kami putuskan buat refreshing. Yahhh refreshing kami biayasanya nge-band atau main futsal, kami langsung putuskan futsal aja, coz q juga gak bisa nge-band, hehehe….

Futsal kami putuskan hari dan tempat serta yang lainnya, persiapan matang…. Pagi hari q bertemu dengan adek kelasku yang q ngefans banget ma dy gak tau karena apanya, dy sempet menoleh manis memberikan senyumnya pada q n dy malu2, ya itu motivasiku buat ketemu dengan pelajaran exktrem hari ini. Dikelas kami sudah siap mengenai futsal nanti sepulang bimbingan tambahan ini, ternyata diluar dugaan kami.pun gak jadi futsal entah kenapa? Kami bingung n kecewa sedikit, karena gak jadi refreshing, yah gak papa lah, disisi lain manfaat puasaq ada juga, coz gak jadi futsal n mokel.. hehehe….Hari itu q sms sahabatku, mugkin dy juga cari2 q… hem…. Lama qt sms.n dy ngajak q jalan bareng, tapi bingung mau kemana, akhirnya dy putuskan ke maqom Gus Dur biar ada manfaatnya begitu, jalan tapi manfaat ziaroh, q suka sahabatku dy bisa memberikan waktunya untuk berdua dengan.ku namun dy cari mesti yang ada manfaatnya, q janjian dengan dy, awalnya gagal karena aq ada futsal, eh ternyata futsalnya gak jadi. Akhirnya kami langsung janjian.

Ketemu sisipan di jalan deh qt, n q mau pulang ke pondok dulu sebelum q pergi ketempat yang dy inginkan berdua denganku. Q akhirnya pulang trus kembali lagi kesana menghampiri dy n langsung nak lend trus pergi ke tebuireng namanya. Di sana sebelum sampai sana sudah gak enak, di lend ternyata qt bertemu dengan temannya, wah q langsung diem gak berkutik blas, gak bisa apa2 q, diem aja di lend. Sampai disana q putuskan turun sebelum tempat tujuan agar bisa jalan kaki bareng agak lama ke tempat tujuan tersebut, namun ditengah perjalanan kami bertemu dengan teman sekelasku, wah aq jadi takut gimana2 besok pasti kena gojlokan aq jalan sama cewek. Selesai qt ziaroh n berdoa n memohon apa saja pada ALLAH akhirnya qt pulang. Pulang.pun pada gak enak, kami mau ngobrol, langsung cari tempat tapi gak ada yang cocok, jalan kaki terus sampai nemu tempat juga gak nemu, ya akhirnya kami langsung naik lend pulang tapi kami putuskan untuk pergi ke masjid jami’ buat ngobrol disana saja. Qt ngobrol n bercanda sharing tentang apa aja, adzan berkumandang, kami langsung pulang karena ingin berjamaah di pondok saja lebih srek lah rasanya, kami pulang.

Sesuatu yang terencana secara mendadak pada hakikatnya pasti akan terlaksana, sesuatu yang sudah terpaning lama biayasanya banyak gagalnya, maka jangan rencanakan sesuatu yang menurut kalian akan uenak sekali untuk direncanakan, takut gagal.

Hari ini keadilah Sang Kholiq ditunjukkan kembali, ketika aq n sahabatku pingin ketemu, tapi kata2 q selalu “nanti waktunya akan ketemeu” ternyata dikabulkan oleh DIA SANG PENCIPTA. Memang Dia Maha Adil akan umatnya baik yang kesusahan maupun yang tidak susah terima kasih Allah, lukisanMu hari inin memotivasi hari ku nanti….


04-09-2011

Sebuah Tempat

Disinilah terukir kenangan dengannya. Hari itu dimana kami bingung coz abah kami denger2 mau gak ikut ziaroh wali songo kami santri sunan ampel angkatan ELSTANSA (Element of Ma’had Santri Sunan Ampel Jombang). Kami berencana gimana caranya beliau mampu ikut, karena jika gak ikut nanti yang mimpin n berdoa tahlil istighotsah dll siapa donk?? Semua berfikir baik santri putra maupun putrid pada akhirnya kami memutuskan buat rapat. Sampek ada rapat pleno segala gaya kita, kami putuskan mengajak ustadz dari beberapa ustadz yang terkenal n yang paling deket sama abah katanya. Kami berencana 3 minggu sebelum keberangkatan ziaroh.

Hari itu kami rapat namun lewat sms, hampir semua d isms siapa yang mau ikut n mengenai apa saja yang akan di omongkan kepada ustadz pilihan kami tersebut. Semua setuju semua akan mengaadakan perjalanan expedisi kerumah dari ustadz tadi. Ternyata udah lama kami berdiskusi. Keesokan harinya kami langsung bersiap2, yaa… pukul 8 tepatnya, kami akan berangkat. Malam harinya aku juga sempet sms cewe.q, kami mau jalan2 namun waktunya nunggu q pulang dari rumah ustadz tadi. Ya dy udah siap2 deh buat pergi ke suatu tempat ma q.

Jam 8 tepat kami sudah siap, namun semuanya pada bingung, ada yang bilang gak jadi ada yang bilang jadi. Semua pada bingung coz q yang udah menjamur berkarat n berkorosi di pondok karena menunggu teman2 yang hakikatnya pada dirumah pada belum dating, aq ikut bingung n jengkel karena mereka, coz kapan aku berangkat ma cewe.q. ya aku sempet telpon n sms dy namun dy bilang “udah neg hari ini gak jadi juga gak apa2, hanya sekedar jalan2 yang gak ada manfaatnya aja koq” wah so sweet n drag drig drug suara hatiq karena begitu baiknya hati dari ceweq ini. Ya inilah cewe yang sebenarnya lainnya seh pada bukan cewe, tapi …. Hehehehe gak tau lah.

Semua udah bilang gak jadi, langsung aku sms cewe.q n bilang dalam perjalanan kerumahnya coz udah mau siang juga. Belum sempet dy blik sms aq, aq langsung meluncur kerumahnya. Dengan perasaan dag dig dug gedebruk aq branikan kerumahnya. Q tanya dy lewat sms tapi gak dibales, akhirnya tiba di depan rumah ada ibuknya, tantenya ma adeknya. Sontak aq kuaget banget lihatnya, gimana q mau berkutik dengan keadaan seperti ini karena bertemu dengan keluarganya, bak walang yang diem ketika lihat musuhnya aq langsung diem, 2 bahasa (nek seribu bahasa aq belum sampek nguasai semuanya sih). Langsung ibunya mempersilahkan aq masuk.

Aq sempet salim (mencium tangan ibu dari cewe.q), setelah itu aq langsung dipersilahkan duduk n dibukakan jajan2 sisa lebaran, karena waktu itu masih ada aroma2 lebaran selisih beberapa hari dengan hari raya idul fitri sih. Kemudian ibunya memanggil anaknya (ceweq). Trus dy malu2 gimana gitu, dengan bahasa yang anu inu ane sene gak tau lah aq, aq juga bingung ternyata bidadariku ini belum sempet persiapan ganti baju dll. Terus dy masuk ke dalam n siap2, sempet keluar sebentar tanya jadi kemana buat ijin ke ibunya. Aq putuskan ke malang, tapi bilangnya keluar sebentar gitu.

Ijin pun telah dilaksanakan olehnya, diperbolehkan juga, ibunya sempet keluar n Tanya kemana gitu, aq bilang aja Cuma sebentar koq, ibunya hanya menyarankan bahwa hati2 n keadaan masih rame coz bertepatan dengan arus balik. Q meng-iya.kan saja amanah camer (calon mertua) tersebut, namanya nasihat orangtua harus didengerin. Denger2 kabar juga seh, kata ceweku kalo belum kenal n yang datang cowo biasanya ijin keluar susah banget, tapi ini aq 2x ketemu ibunya belum kenal deket juga tapi ijin buat ngajak jalan juga gak apa.apa, Alhamdulillah aja lah.

Perjalanan kami mulai dari sini kami keluar dari rumah n dapet restu dari ibunya kami langsung tancap gas, sempet gak percaya cewe.q tentang pertama, q koq berani njemput dari rumah, kedua ijin ke ibunya langsung, ketiga ngajak keluar kemana juga. Akhirnya kami sempet ketawa bukan karena lucu tapi aneh, kami yang berdua awalnya dari pertama pacaran hingga detik ini tuh kami belum pernah sberani ini tapi hari ini terukir kenangan yang tak terlupakan hingga aq menemui ajalku nantinya. Perjalanan agak sempit karena arus balik macet juga ditengah jalan, ya lama perjalanan lama pula kami mengobrol di selah2 perjalanan itu.

Sesampainya di sebuah tempat ku putuskan lewat jalur dimana tidak mungkin keluarga atau sodaraku tahu karena daerah tersebut padat akan saudaraku. Sesampai di loket kami beli tiket dulu, q yang membayar maklum wong ngajak masak gak mbayar.i ya kan? Kami masuk daerah situ jalur kami telusuri hingga ada pertigaan aku bingung tapi langsung belok seenaknya aja, eh gataunya koq malah masuk kedalam hutan gini, kami bingung n aq sempet ditanya ma cewe.q “eh tau jalannya gak sih koq kayak dini” mugkin pikirannya dy takut di apa2in atau gimana gitu, tapi q tak ada pikiran gitu karena emang bener2 salah jalur. Kami berputar arah ke belakang dan mencoba masuk lewat jalur lain kami benar n langsung turun n cari tempat yang nyaman buat berdua, seumur2 q gak pernah sedeket n seberdua ni ma cewe di tempat yang sejuk jauh, wes setiba disana kami langsung bingung bukan karena apa2 namun karena keheranan kami dari awal perjalanan hingga duduk berdua disini koq seberani ini, padahal kami tidak pernah seberani ini sebelumnya.

Lama sekali waktu kami habiskan berdua sembari menikmati pemandangan yang indah angin sepoi2 dengan layunan daun2 n deburan air danau. Kami duduk dibawah sebuah pohon besar dengan sedikit daunnya. Di tempat rekreasi danau ini kami menghabiskan hanya duduk dan mengobrol, hingga pukul 2 tepat sian2 begitu kami pulang. Nunggu panas juga gak panas coz hawanya sejuk terus di daerah tersebut. Akhirnya kami pulang, kami langsung menuju rumah dari cewe.q. sesampai disana q langsung pulang mau di ajak sholat dzuhur dulu tapi q menolak, q langsung pulang gak pamit gak apa, disana tetap di teras ada ibunya yang duduk santai. Tak sempat mengucapkan apa-apa q langsung pergi pulang balik motorku langsung tancap gas tanpa berkata sepatah.pun.

Sesampai dirumah q sms dy gimana perasaan.nya dll tentang hari ini. Sudah itu q langsung sempet berdialog lewat pesan singkat tersebut.

“Eh tadi di Tanya ibu lho!” Tanya cewe.ku

“Emang ditanya gimana” jawabku tenang tak merasa bersalah.

“Ya tadi langsung pulang gak ijin, gak salam gak apa, dikira ibu malah gini Kalian bertengkar tah koq dy langsung pulang, gitu pikirannya ibuk q jadi gak enak kan” jawab dy.

“ Hehehe maap bukannya apa2 q cumin tadi buru2 mburu sholat aja, terus jawabmu gimana setelah ditanya ibu gitu?” Jawbaku merasa bersalah.

“Ya jawab aja gak tuh, mungkin dy lagi buru2, n mau kemana gitu” Jawabnya polos.

“Ya deh makasih, maap sekali lagi q gak tahu kalo ibu berpikir kayak gitu, ibu juga sedetil itu Tanya.nya padahal kenal sama q juga gak koq Tanya.nya malah gitu, bukannya Tanya siapa tadi cowo yang menjemputmu gitu” Jawabku.

“Ya gak segitunya lah, gak tau lah ibu mang gitu” Jawabnya.

Kalo diterusin neh pesan bisa sedabrek tuh pesan sudah di edit, coba gak di edit jadi ada kata2 yang tiiiiiiiiiiiiiiiiit, yang tak perlu ditontonkan kepada halayak, maklum sudah ada lembaga sensornya. Hari itu kami bahagia hingga pengalaman itu tak terlupakan oleh kami dalam lubuk hati paling dalam meskipun kami berpisah nantinya.


06-12-2012

Orangtuaku

Hari demi hari yang dilewati oleh keluarga sederhana ini sungguh aman tentram dan hampir tak ada cacat sedikitpun. Lambat laun mereka yang sudah memiliki 2 orang buah hati ini, para buah hatinya mulai tumbuh dewasa. Sejak kecil putra2 mereka memang kebanyakan pendiam, dan hampir tak pernah bergaul dengan teman. Di masa SMP-nya mereka berdua satu sekolah, namun si kakak waktu itu masih menunjukkan sifat baik, cerdas, pendiam (sifat dari kecil).

Kedua putra dari keluarga sederhana itu dari kecil menginginkan putra2 mereka memiliki iman (agama) yang kuat, karena menurut mereka dengan zaman sekarang yang makin mempengaruhi pergaulan negatif, putra2 mereka akan tidak dengan cepat bergaul dengan teman yang buruk tingkah dan kepribadiannya (memilih dan memilah).

Hasil UN-SMP telah keluar, putra pertama mereka dinyatakan lulus dengan criteria rata2 8, dan 9-an, dengan hasil yang sangat memuaskan tersebut mereka ingin putra pertamanya meneruskan pendidikan di sekolah umum, karena di rasa cukup menempuh pendidikan 9 tahun di sekolah berbasis agama yang berada di pesantren.

Namun takut putra pertamanya di sekolahkan di sekolah umum, kemudian ilmu yang telah di tempuh sebelumnya hilang (ilmu agama). Maka orangtuanya menyekolahkan putra pertamanya dan menempatkannya di kost2.an namun yang terdapat ngajinya.

1-2, 3 tahun hampir telah dilewati. Semenjak kelas 1 di SMA dia cenderung sedikit berubah, namun kedua orangtuanya memaklumi. Namun di kelas 2 dia semakin berubah. Tetap saja orangtuanya memaklumi, namun kedua orangtuanya tidak mengetahui bagaimana perkembangan putra pertamanya itu, semenjak kelas 3 teman2nya banyak melaporkan kepada sang adik bahwa perkembangan kakaknya semakin gak karuan, dari yang mbolos, gak jelas dimana sampai yang lain2nya. Adiknya waktu itu juga di sekolah umum namun, tidak tinggal bersama kakaknya melainkan di tempatkan di pesantren yang berada di tengah ibu kota tersebut.

Adiknya sangat cemas, bingung , diam seribu kata. Ingin melaporkan kepada orangtuanya, namun takut orangtuanya kecewa sama si kakanya tadi. Karena anak pertamanya tersebut sudah di pasrah.i sepenuhnya agar lebih baik dalam kehidupan kedepannya.

Adiknya yang terus berfikir tersebut tak tahan ingin meneteskan air mata, karena jika ia bercerita kepada orangtuanya, pasti kecewa telah menyerahkan sepenuhnya kepada dirinya sendiri (si kakak). Namun, balas jasa seorang putra tersebut sungguh tragis. Orangtua yang berharap anaknya tetap berpedoman pada Al-Qur’an dan menjadi orang yang lebih baik dan berguna. Namun, takdir berkata lain.

Tetapi benar ALLAH Maha Segalanya, Dia merubah semua taqdir itu hingga pada akhirnya sang kakak sekarang telah masuk di bangku perkuliahan dan ia ingin merubah masa lalunya yang hampir menuju ke-suram-an itu. Jika ada kemauan pastilah kita akan diberi kemudahan mekipun itu tak mungkin. Tapi Allah bisa menjadikan sesuatu yang tak mungkin jadi mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar